Kuliah S1 Akuntansi UMBY “Smart, Fun dan Mengedepankan Critical thinking”

HOTLINE PMBY UMBY

Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.3192/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019, prodi S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki akreditasi A. Prodi S1 Akuntansi UMBY memiliki 4 peminatan:

  1.  Pelaporan Keuangan
  2.  Perpajakan
  3.  Manajemen Korporasi
  4.  Auditing

Peminatan ini dibuat berdasarkan profil lulusan dari prodi S1 Akuntansi UMBY dan kebutuhan akan jumlah akuntan di Indonesia. Kebutuhan akuntan bertaraf internasional di Indonesia sebesar 452 ribu. Sementara data dari Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia, hanya tersedia 16 ribu akuntan profesional (jawapost.com, 2018), sedangkan jumlah konsultan pajak di Indonesia berkisar 3.500 (okezone, 2018). Hal ini menandakan jumlah Akuntan dan Konsultan Pajak di Indonesia jauh dari kata ideal. Prodi S1 Akuntansi UMBY selalu berkomitmen dan berbenah untuk memperbaharui kurikulum dan metode pembelajaran, dimana dosen-dosen di prodi S1 Akuntansi UMBY selalu mengedepankan smart, fun and critical thinking dalam setiap proses pembelajaran sehingga suasana kelas akan selalu ceria. 

Lulusan program Studi S1 Akuntansi UMBY bergelar S.Ak, dengan kurikulum Kampus Merdeka, Merdeka Belajar minimal menempuh 144 sks dan dapat ditempuh paling cepat 3 tahun 6 bulan. Pada saat ini, Program Studi S1 Akuntansi UMBY sudah memiliki lebih dari 1000 alumni yang tersebar di seluruh wilayah dalam negeri maupun luar negeri yang bekerja di berbagai bidang.

Selain kurikulum yang mengikuti perkembangan zaman, mahasiswa Prodi S1 Akuntansi UMBY juga dibekali matakuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL), Company Visit dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), hal ini dilakukan agar mahasiswa prodi  S1 Akuntansi UMBY tidak hanya mendapatkan teori di dalam kelas akan tetapi dapat mempraktekan ilmu yang dimiliki ke dalam lingkungan masyarakat. Company visit sendiri memberikan wawasan kepada mahasiswa prodi S1 Akuntansi UMBY untuk melihat kondisi terkini indutri baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, Dosen di lingkungan prodi S1 Akuntansi UMBY juga mengajak mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hal ini wujud dari metode pembelajaran “smart, fun and critical thinking”.

Para dosen Prodi S1 Akuntansi UMBY berasal dari akademisi dan praktisi yang sudah bergelar Magister dan Doktor. Selain itu juga memiliki kompetensi di bidang Akuntansi, Perpajakan, Auditing dan lain-lain, sehingga diharapkan dapat memberikan ilmu bagi mahasiswa dalam menyiapkan persaingan di dunia kerja.

Untuk menunjang sistem pembelajaran, Prodi S1 Akuntansi UMBY tersedia fasilitas Gedung perkuliahan yang cukup memadai, dilengkapi dengan sarana prasarana yang lengkap. Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, serta Galeri Investasi. 

Prodi S1 Akuntansi UMBY juga membekali mahasiswa dalam kompetensi baik dalam bidang akuntansi,  perpajakan. Adapun kompetensi sebagai berikut:

1.      LSP Level VI Pada Kopentensi Keahlian Akuntansi

2. Brevet A dan B serta Brevet C yang nantinya mahasiswa S1 Akuntansi UMBY setelah  lulus brevet ini mahasiswa di dorong untuk ikut ujian kooetensi CTT (Certified Tax Technician) dan. CPTT (Certified Profesional Tax Technician). Sehingga nantinya setelah lulus dan kompetensi tersebut Akan mendapat gelar tambahan non akdemik berupa CTT dan CPTT

3. Pasar Modal bermain saham menggunakan analisis teknikal dan fundamental.

Testimoni Alumni Prodi Akuntansi UMBY

“Kuliah di Akuntansi UMBY sangat asik, selain kurikulum mengikuti perkembangan zaman dan para dosennya sangat enak untuk diajak berdiskusi, sehingga memudahkan saya dalam mengerjakan ujian CTT dan CPTT serta BKP”

(Rian, Konsultan Pajak)

Dulu saya sangat pemalu, tetapi setelah kuliah di Akuntansi UMBY saya jadi berani untuk mengutarakan pendapat dan berdiskusi dengan para Dosen, karena saat kuliah di UMBY suasana kelas menunjang itu semua. Ilmu saya dapat menunjang karir saya saat kerja di Bank Mandiri”

(Asti, Bank Mandiri)

 “Siapa bilang sekolah di UMBY terutama prodi Akuntansi sulit, faktanya selama saya kuliah di UMBY susana kelas selalu bahagia dan memberikan gambaran tentang karir sebagai Sarjana Akuntansi. Dan ternyata ilmunya sangat bermanfaat saat saya membangun bisnis saya”

(Aldi, Pengusaha)

“Dosen dosen di Akuntansi UMBY sangat enak, mengajarkan saya untuk selalu kritis terhadap permasalahan disekeliling kita, selain itu memberikan gambaran dan prospek lulusan akuntansi secaa detai, suasana kelas selalu ceria sehingga tidak tegang di kelas. Akhirnya dapat mengatarkan saya sebagai CPNS Tahun 2020”.

Dian (CPNS Kalimantan Utara)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *