S1 PRODI MANAJEMEN – TERAKREDITASI A & BIAYA KULIAH BISA DIANGSUR

HOTLINE PMBY UMBY

Prodi Manajemen Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah salah satu prodi unggulan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Prodi Manajemen memiliki visi menjadi program studi yang unggul dalam bidang manajemen bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, profesional, berjiwa wirausaha serta memiliki wawasan global pada tahun 2029. Adapun salah satu tujuannya adalah menghasikan lulusan yang mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, menginternalisasi semangat kemandirian, kewirausahaan serta  mampu mengaplikasikan keahlian manajemen dengan berorientasi artificial intelligent dalam menyelesaikan masalah di bidang manajemen.

Lulusan Prodi Manajemen  sangat kompeten karena menempuh matakuliah dalam kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education), yaitu metode pembelajaran yang memiliki fokus pada luaran, dimana capaian pembelajarn diukur melalui pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Mahasiswa dibekali  teori, konsep, dan fungsi-fungsi manajemen agar mampu memformulasikan penyelesaian masalah di bidang manajemen. Prodi Manajemen juga menyediakan 3 (tiga ) peminatan yang dapat dipilih mahasiswa yaitu : Manajemen Keuangan, Manajemen Sumberdaya Manusia dan Manajemen Pemasaran. Prodi Manajemen memperkuat kompetensi mahasiswa dalam bidang kemandirian dan kewirausahaan melalui penempatan matakuliah kewirausahaaan secara berkesinambunagan, dimulai pada semester 3 mahasiswa ditempa dengan matakuliah  socioprenuership, semester 4 diberikan bekal creativprenuership dan pada semester 5 dan 6 diperkuat dengan matakuliah kewirausahaan dan kewiarusahaan lanjut. Penguatan pemahaman atas dunia kerja riil diberikan melalui matakuliah magang (PKL) dan study ekskursi. Dan kompentensi mahasiswa dalam menghasilkan luaran teruji melalui  luaran buku, artikel ilmiah dan luaran lainnya yang dihasilkan dari beberapa matakuliah, terutama pada matakuliah workshop manajemen dan study ekskursi. Upaya agar kompetensi yang dicapai selalu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat, Prodi Manajemen selalu mengadakan  pengkajian kurikulum secara berkala.

            Lulusan Prodi Manajemen juga tangguh karena penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa diberikan hak untuk belajar di luar Program studi selama 3 semester, yaitu semester 5 s.d. 7. Dan mulai TA 2020/2021 atau sudah selama 3 semester terakhir ini Prodi Manajemen telah sukses menjalankan program MBKM. Setiap semester mahasiswa Prodi Manajemen selalu ada yang lolos terpilih mengikuti program kampus mengajar dari Kemendikbudristek  dan  mengikuti program magang dengan beberapa mitra.

 

            Mahasiswa Prodi Manajemen menunjukkan prestasi akademik dan non akademik yang membanggakan. Mayoritas dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi rata-rata diatas 3. Prestasi non akademik mahasiswa antara lain dalam kejuaraan Taekewondo, paduan suara, kompetisi stocklab dan lainnya. Alumni Prodi Manajemen pun tidak kalah membagnggakan. Banyak alumni Prodi Manajemen yang sukses berwirausaha, bekerja di instasi pemerintahan atau berbagai perusahaan. 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *